Rabu, 19 Desember 2012

Manfaat Internet Bagi Siswa

Manfaat internet bagi siswa bisa dirasakan cukup besar akhir-akhir ini. Mari kita melakukan kilas balik sejenak tentang sistem pendidikan pada beberapa tahun yang lalu. Sejarah telah menorehkan catatan cukup jelas di mana masyarakat Indonesia pertama kali mengenal alat tulis adalah berupa marmer dan gamping (kapur tulis). Di mana mereka harus menghafal dan memahami pelajaran secepat mungkin karena akan dihapus dan digunakan menulis lagi pada pertemuan selanjutnya.

Perkembangan dunia pendidikan berlanjut ketika siswa-siswa bisa sedikit bernapas lega karena hadirnya buku tulis. Ketebalan tulis pada zaman ini masih terasa tipis sekali. Hanya orang berduit yang bisa membelinya. Itupun kadang jika lembaran buku telah habis terpaksa ia hapus catatan satu halaman per halaman menggunakan karet penghapus ataupun dicuci dengan sedikit air kemudian dijemur hingga kering.

Pada tahun 2000 atau sering disebut orang sebagai tahun milenium, begitu juga dengan keadaan di Indonesia yang mengalami pembangunan yang cukup signifikan. Keberadaan alat tulis sudah mulai terjamin pada tahun ini. Buku-buku berpenampilan cantik sudah mulai menghiasi ruangan-ruangan kelas. Begitupun dengan alat tulis lainnya seperti pensil, pulpen, penggaris dan lain-lain tampak terhias manis di meja-meja siswa.

Satu dasawarsa kemudian mulai hadirlah komputer sebagai alat kelengkapan belajar bagi siswa. Meski hanya beberapa orang saja yang mampu mempunyai satu unit komputer, tetapi fakta menunjukkan anak yang tidak memiliki pun tidak kalah hebatnya dalam mengoperasikan komputer. Hal ini ditunjang dengan menjamurnya bisnis-bisnis warnet (warung internet) sampai ke pelosok desa. Pada era ini mulailah dampak
manfaat internet bagi siswa bisa dirasakan.
Kebanyakan para siswa ketika mengakses internet di sekolah cukup antusias. Dari hasil survei beberapa waktu yang lalu, pelajaran komputer atau apapun yang menggunakan internet sebagai sarana penunjangnya menjadi pelajaran favorit siswa. Lebih-lebih jika mereka mendapatkan kebebasan untuk berselancar secara bebas di dunia maya. Tentu sebelumnya dilakukan beberapa pemblokiran terhadap situs-situs tertentu oleh pihak sekolah.
Berikut ini beberapa
manfaat internet bagi siswa apabila digunakan sebagai media pelengkap kegiatan belajar mengajar :
1. Meningkatkan semangat siswa dalam belajar
Pembelajaran menggunakan internet sangatlah variatif. Guru bisa menampilkan file-file berupa gambar dan video sebagai variasi dalam pembelajaran. Sehingga para siswa tidak harus menemukan pelajaran berupa teks dan teks saja. Dengan beragam cara mengajar materi menggunakan
manfaat internet bagi siswa inilah, maka siswa bisa menghilangkan rasa bosannya ketika sedang belajar.
2. Menguasai materi lebih mendalam
Penulis buku mungkin menyajikan materinya sebatas sampai 200 halaman saja. Itupun kemudian dibagi lagi menjadi beberapa bab dan sub-bab materi pelajaran. Dengan
memanfaatkan internet saat kegiatan belajar sedang berlangsung, maka jika dirasa materi masih kurang, guru bisa dengan cepat mencari sumber yang lain. Materi yang dimaksud bisa berupa alat peraga ataupun ilustrasi untuk kebutuhan pemahaman siswa.
3. Meningkatkan rasa ingin tahu siswa
Siswa di Indonesia pada umumnya langsung puas terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Selain karena mungkin pembahasan oleh guru sudah memuat semuanya secara langsung, kebanyakan juga berpikir pada pertanyaan-pertanyaan latihan soal yang ada di buku pelajaran kurang variatif. Misalnya adalah apa yang dimaksud dengan ekosistem? Padahal di halaman sebelumnya terpampang jelas bahwa ekosistem adalah bla bla bla. Dengan adanya internet, siswa bisa menemukan informasi baru yang mungkin belum diketahui olehnya sehingga kesadaran akan bertanya mengenai sesuatu lantas muncul.
4. Efektifitas belajar siswa
Ketika kegiatan belajar sudah menggunakan internet, aktivitas mencatat materi sudah bisa tergantikan. Sebab materi bisa langsung dikirim ke komputer siswa atau dicetak di atas kertas. Sedangkan kegiatan mencatat materi yang selama ini dilakukan bisa diganti menjadi kegiatan membahas materi lebih mendalam atau games edukasi yang berhubungan dengan topik pembahasan.
5. Siswa menjadi lebih kreatif
Di dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan internet, ada baiknya sesekali guru memberikan sentilan positif. Dalam artian guru menyampaikan informasi materi yang bersumber dari luar negeri. Karena berasal dari luar negeri, penggunaan bahasa dalam artikel pun memakai bahasa asing misalnya bahasa inggris. Pada mulanya kemungkinan siswa akan terkejut menghadapi hal ini. Namun ketika mereka telah terbiasa menghadapi kata asing maka hiduplah kesadaran siswa untuk menerjemahkannya secara mandiri tanpa dipandu guru sebelumnya.
Memang dirasakan pembelajaran menggunakan internet masih sangat riskan. Hal ini terjadi karena keabsahan materi yang bisa terbantahkan, kejelasan materi yang patut dipertanyakan serta lain sebagainya. Untuk itulah diperlukan research terlebih dahulu oleh pihak sekolah mengenai bahan ajar yang akan disampaikan sehingga dapat dirasakan
manfaat internet bagi siswa

sumber : http://www.caraoo.com/2012/07/manfaat-internet-bagi-siswa.html

0 komentar:

Poskan Komentar